Kamis, 01 Desember 2011

MUTU KOMPILATOR


Beberapa faktor yang mempengaruhi mutu dari sebuah kompilator , antara lain :
Kecepatan dan waktu proses kompilasi
Waktu proses kompilasi adalah waktu yang di butuhkan pada saat kita menunggu hasil kompilasi. Mutu ini di pengaruhi oleh:
  
1. Penulisan Algoritma Kompilator
Adalah algoritma yang di gunakan untuk menuliskan program kompilator itu. Misalnya sebuah kompilator lebih cepat melakukan kompilasi di bandingkan lainnya, halini di sebabkan karenapembuatan algoritma oleh para pemrogramannya lebih baik saat membuat kompilator tersebut
  • Kompilator Pengkompilasi
Adalah sebuah program khusus yang menghasilkan kompilator tersebut. Contoh pembuatan Turbo Basic tentu saja tidak menggunakan bahasa Basic tetapi menggunakan bahasa lain dan di kompilasi dengan kompilator lain.
Contoh  Gambar pembuatan kompilator menggunakan Kompilator Pengkompilasi
2. Mutu Program Objek ( Program hasil dari proses kompilasi )
Di pengaruhi oleh ukuran dan kecepatan eksekusi dari program objek. Contoh : perbandingan antara Turbo Pascal 5 dan Turbo Pascal 6, di mana Turbo Pascal 6 lebih baik dari pada Turbo Pascal 5 bila program objek ( exe ) yang di hasilkan berukuran lebih kecil dan lebih cepat di eksekusi. Hal ini di pengaruhi oleh fungsi translasi yang di gunakan oleh kompilator tersebut ( cara untuk melakukan perubahan dari source kode ke object kode ). 
3. Intregated Environment
Merupakan fasilitas – fasilitas terintegrasi yang di miliki oleh kompilator tersebut, misalnya untuk melakukan editing, debugging, testing. Intregated Enviroment biasa di sebut juga IDE ( Integraterd Development Environment ) . contoh : dengan menggunakan CLIPPER ( CLIPPER.EXE ) kita harus melakukan penyuntingan dengan menggunakan suatu program editor (PE.EXE) yang terpisah dari kompilatornya, sedangkan pada Turbo Pascal ( TURBO.EXE ) kita bisa melakukan penyuntingan sekaligus kompilasi dan sebug dalam satu lingkungan pemrograman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management