Kamis, 01 Desember 2011

Sejarah Internet


Internet pertama kali di perkenalkan pada tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui proyek ARPA yang di sebut ARPANET ( Advanced Resear ch Project Agency Networks ) . Proyek ini merancang bentuk jaringan, kehandalan,seberapa besar informasi yang dapat di pindahkan . ARPANET menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang di kenak sebagai TCP ( Transmision Control Protocol ) / IP ( Internet Protocol ).
Pada awalnya proyek ini di bangun untuk kepentingan militer, DepartemenPertahanan Amerika Serikat membuat suatu sistem jaringan komputer yang dapat menghubungkan komputer di daerah – daerah vital yang bertujuan untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari9 terjadinya informasi terpusat.
Proyek ARPANET awalnya hanya menghubungakan 4 situs saja , yaitu  Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah .Kemudian proyek ini berkembang di seluruh daerah dan semua universitas di negara tersebut yang ingin bergabung.  Perkembangan ini membuat ARPANET mengalami kesulitan dalam mengaturnya.
Untuk mengatasi masalah tersebut ARPANET di pecah menjadi dua yaitu :
  1. MILNET untuk keperluan Militer
  2. ARPANET baru yang lebih kecil untuk keperluan non militer
Gabungan dari kedua jaringan ini kemudian di sebut DARPA Internet yang kemudian di sederhanakan menjadi Internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management